Beikut beberapa tips yang bisa anda terapkan agar laptop anda berumur panjang:

1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

2. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Pastikan anda sudah menginstall antivirus dalam laptop anda.

3. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala. Karena sirkulasi udara dalam laptop akan terganggu dan menjadi panas. Sehingga beresiko membakar processor laptop.

4. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan keras (terjatuh). Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

5. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop.

6. Jangan meletakkan minuman dan makanan disamping laptop.

7. Hindarkan laptop dari sumber getaran (loudspeaker, handphone, dll).

8. Hindarkan laptop dari sinar x-ray di airport.

9. Jaga kebersihan laptop, lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu. Kalau perlu gunakan vacum cleaner khusus untuk laptop. (klik disini)

10. Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

11. Jika Listrik dirumah nada sering terjadi gangguan, gunakan UPS untuk menyimpan daya listrik sewaktu listrik mati. Sehingga laptop tidak akan langsung mati jika saat menggunakan sumberdaya listrik rumah/ bukan baterai.

12. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian.

13. Gunakan wadah yang mampu meredam getaran sewaktu laptop akan dipaketkan.

14. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

15. Jangan pernah mencoba membongkar laptop jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai laptop. Lebih baik, bawa laptop anda ke teknisi laptop.

16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard

17. Jangan memasukkan disket pada bagian sudutnya. Memasukkan disket setengah-setengah dapat merusak disk-drive. Begitu juga ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

19. Rawatlah baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

20. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

21. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

’22. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.